Selasa, 05 Agustus 2008

sujud itu....

Dua hari kemarin, salah satu temenku dari semarang datang ke jogja. Sudah menjadi tradisi kalau mereka yang main kesini (I mean, jogja) pasti transitnya ke tempatku (secara kamarku gede dan kasurnya luas:D. dan tentu karena aku orang yang menyenangkan :D :D).

selama dua malem dia nginep disini, kita cerita banyaaaaak sekali hal. Satu cerita yang paling berkesan adalah cerita dosen-nya yang dulunya non islam trus masuk islam setelah diskusi sama satu tokoh (lupa namanya gw) yang ditemui di seminar entrepreneurship (yak, silahkan bingung :D).

Jadi pada intinya, yang bikin dosen temenku itu akhirnya memutuskan untuk masuk islam adalah jawaban dari tokoh itu tentang islam. Bahwa keindahan islam adalah sujud. Sujud dalam arti yang sebenar benarnya. Bersujud adalah satu bentuk pernyataan dari kita bahwa kita memang powerless dibanding Allah. Ada kepasrahan dan keikhlasan dalam sujud. Sujud adalah wujud dari kerendahan hati kita terhadap bumi. Dan sujud jugalah yang mencegah kita dari menjadi sombong terhadap apa2 yang kita punya di dunia. Saking powerful-nya sujud, sampai2 setan sangat benci terhadap orang yang bersujud (katanya). Kalo aku ndak salah dengar, kayaknya ada juga ya anjuran untuk melamakan sujud dalam aktivitas solat kita (eh, iya nggak sih? Rasanya aku pernah dengar dimana gitu. Kalo ada yang tau share ya..).

Okay, aku agak2 tercenung (cieee) demi mendenger cerita temenku tadi. That Islam has a lot of beautiful things and values, I know for sure. Tapi menonjolkan sujud sebagai keindahan islam? Itu bener2 satu hal yang fantastis buatku. Dan sekaligus sesuatu yang ‘nonjok’ mengingat betapa jarangnya aku sujud dalam arti yang sebenarnya. Sujud yang ikhlas, sujud yang pasrah. Bahkan jujur, aku seringkali Cuma menganggap sujud sebagai bagian dari aktivitas harian, solat, dan bukan merupakan bentuk kepasrahan. Duh, jadi merasa bersalah :’(.

Padahal memang kalau dipikir2, apa sih yang lebih humble dan indah daripada sujud?
Subhanallah…

ps: sebenernya ada juga sedikit pembahasan tentang sujud di bukuya karen armstrong yang sejarah islam. tapi aku lupa bawa :P. mungkin akan ada edisi revisi besok...

Tidak ada komentar: